Selasa, 16 April 2013

Pengertian Memory (RAM) dan Perbedaan DDR, DDR2, DDR3


Pengertian Memory (RAM) dan Perbedaan DDR, DDR2, DDR3 - nah jika anda pengguna setia komputer PC maupun laptop sudah pasti tidak asing dengan yang namanya memory / RAM. Ram / Memory computer di sini adalah sebuah perangkat sebagai tempat menyimpan data yang diakses oleh Processor (CPU – Central Processing Unit). Data yang ada di RAM diakses secara acak dengan kecepatan yang sama, sehingga di sebut Random (acak). Data yang tersimpan di memory / RAM bersifat sementara, karena hanya akan ada jika ada sumber daya / listrik atau saat komputer menyala dan akan hilang jika komputer mati.

RAM sendiri juga ada berbagai macam jenis, dulu sebelum tahun 2002 masih banyak kita temui komputer yang menggunakan memory jenis Single Data Rate atau yang di sebut (SDR) SDRAM. seiring dengan kemajuan zaman dan kecepatan akses yang di harapkan kini penggunaannya mulai berganti dengan Double Data Rate (DDR), mulai dari DDR (DDR1), DDR2 dan DDR3. DDR secara teori mampu melakukan transfer rate 2X lebih cepat daripada SDRAM. begitu juga dengan ddr2 serta seterusnya ddr3.
1.DDR 
(Double Data Rate) RAM ini adalah generasi 1 yang memiliki frekuensi transfer antara 200 MHz sampai 400 MHz, DDR RAM ini juga memiliki beberapa jenis, diantaranya DDR-200 yang memiliki memory clock 100 MHz, DDR-266 yang memiliki memory clock 133 MHz, DDR-333 dengan memory clock 166 MHz, serta DDR-400 dengan memory clock 200 MHz, dengan voltase 2,5/2,6 V.

2. DDR2
DDR2 RAM yang memiliki nama standar DDR2-400, DDR2-533, DDR2-677, DDR2-800, dan DDR2-1066, dengan frekuensi transfer antara 400 MHz sampai 1966 MHz. yang memerlukan voltase 1,8 V.

3. DDR3
DDR3, Perbedaan DDR3 dengan DDR2 terletak pada frekuensi transfernya yang lebih tinggi yang mencapai 2133 MHz, sedang DDR2 maksimal hanya sampai 1066 MHz, dilihat dari segi memory clocknya tidak jauh berbeda dengan DDR2 yaitu dari 100 MHz sampai 266 MHz, dengan voltase yang hanya 1,5 V.

Pada Masing-masing jenis RAM di atas merupakan pengembangan dari generasi yang sebelumnya, sehingga pada versi terbaru umumnya mempunyai data rate yang lebih tinggi serta memerlukan daya yang lebih rendah. DDR2 secara teori mempunyai data rate 2x dengan spesifikasi yang sama dibanding DDR (DDR1). begitu juga DDR3 juga mempunyai keunggulan dibanding DDR2, latensi yang lebih unggul, performa yang lebih tinggi pada power/daya yg lebih kecil.

Perlu di ingat, pada masing-masing jenis RAM tersebut tidak saling kompatibel dan didesign dengan slot yang berbeda. jika anda pengguna komputer / PC mapun laptop jika sedang ingin mengupgrade Memory RAM anda ke yang lebih bagus ada baiknya anda memerhatikan masing-masing slot yang terdapat pada matherboard / mobo anda sehingga colokan RAM bisa kompatible dan bekerja dengan baik. demikian perbedaan antara DDR, DDR2, DDR3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Blogger templates

Blogger news

Recent News

Pages - Menu

Popular Posts