Rabu, 11 September 2013

PROGRAM DATABASE DALAM WEBSITE

Pengertian dan Sejarah MYSQL 

MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user

MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). MySQL dibuah oleh TcX dan telah dipercaya mengelola system dengan 40 buah database berisi 10.000 tabel dan 500 di antaranya memiliki 7 juta baris.

MySQL AB merupakan perusahaan komersial Swedia yang mensponsori dan yang memiliki MySQL. Pendiri MySQL AB adalah dua orang Swedia yang bernama David Axmark, Allan Larsson dan satu orang Finlandia bernama Michael “Monty”. Setiap pengguna MySQL dapat menggunakannya secara bebas yang didistribusikan gratis dibawah lisensi GPL(General Public License) namun tidak boleh menjadikan produk turunan yang bersifat komersial.

Pada saat ini MySQL merupakan database server yang sangat terkenal di dunia, semua itu tak lain karena bahasa dasar yang digunakan untuk mengakses database yaitu SQL. SQL (Structured Query Language) pertama kali diterapkan pada sebuah proyek riset pada laboratorium riset San Jose, IBM yang bernama system R. Kemudian SQL juga dikembangan oleh Oracle, Informix dan Sybase. Dengan menggunakan SQL, proses pengaksesan database lebih user-friendly dibandingan dengan yang lain, misalnya dBase atau Clipper karena mereka masih menggunakan perintah-perintah pemrograman murni.


Pengertian SQL server 

SQL Server adalah sistem manajemen database relasional (RDBMS) yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Istilah client, server, dan client/server dapat digunakan untuk merujuk kepada konsep yang sangat umum atau hal yang spesifik dari perangkat keras atau perangkat lunak. Pada level yang sangat umum, sebuah client adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya (resource) dari komponen sistem lainnya. Sedangkan sebuah server adaah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.

 

Pengertian Microsoft Access

Microsoft Access adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL ServerOracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknikpemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. 
Komponen Utama (Object).

 

Pengertian Informix

Informix-4GL adalah bahasa pemrograman generasi keempat yg memberikan kombinasi dua keunggulan yaitu prosedural & non prosedural, sehingga mampu memberikan semua fasilitas yg diperlukan dalam membentuk RDBMS (Relational DataBase Management System).


Kemampuan informix meliputi :

·         Bahasa pemrograman

·         Screen-building utility

·         Menu-building utility

·         Report writer

·         Window manager


Informix-4GL didisain secara khusus untuk penulisan program dalam membuat database relasional dan memberi fasilitas untuk memanipulasi data yg disimpan dalam database.

 

pengertian ANSI

American National Standads institute sebuah kelompok yang mendefinisikan standar amerika serikat untuk industri pemrosesan informasi. ANSI berpartisipasi dalam mendefinisikan standar protokol jaringan dan merepresentasikan amerika serikat dalam hubungannya dengan badan-badan penentu standar internasional lain, misalnya iso. Ansi adalah organisasi sukarela yang terdiri atas anggota dari sektor usaha, pemerintah, dan lainnya yang mengkoordinasikan aktivitas yang berhubungan dengan standar, dan memperkuat posisi amerika serikat dalam organisasi standar nasional. ANSI membantu dengan komunikasi dan jaringan (selain banyak hal lainnya). ANSI adalah anggota IEC dan ISO.

 

PENGERTIAN INTERFACE


Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
Interface, berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh / step by step sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting adalah kemudahan dalam memakai / menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan / membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan.


PENGERTIAN CONVERSION 

Konversi secara singkat bisa diartikan perubahan suatu format file menjadi format file yang lain. Antara format file yang satu dengan yang lain memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, misalnya dari segi ukuran file, aplikasi-aplikasi apa saja yang dapat membuka format file tersebut, dan lain-lain. Jadi dari sedikit pengetahuan tersebut, otomatis kedua pertanyaan di atas telah terjawab.
Khusus untuk aplikasi yang dapat mengkonversi file-file multimedia, sebenarnya banyak sekali bertebaran di internet. Mulai dari yang gratisan sampai yang berbayar. Mulai dari miskin fitur sampai yang sangat kaya fitur. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, kita dapat menggunakan Any Video Converter. Tidak bermaksud untuk iklan, ya! ^_^V
Any Video Converter sendiri, berdasarkan lisensi yang digunakan, terbagi atas dua jenis yaitu Professional Version dan Free Version. Versi gratis dari AVC yaitu Any Video Converter Free Version mendukung banyak format multimedia. Untuk format videonya seperti AVI, MPEG, WMV, MP4, MKV, FLV, dan SWF. Sedangkan untuk format audionya, AVC Free Version mendukung format MP3, OGG, WAV, AAC, M4A, dan WMA. Cukup mumpuni untuk digunakan sehari-hari dan Anda dapat memakainya selamanya.

 

PROGRAMMING : 

> PHP

> Java Script

> Perl

> ColdFusion

> VB

> Unix Shell

> C++

> Windows 

> Vax

> Web C 

> Vax DCL 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Blogger templates

Blogger news

Recent News

Pages - Menu

Popular Posts